Kamis, 04 Juni 2015

Pertumbuhan industri transportasi Udara di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu target market utama di dunia yang sedang berkembang, terutama dari sisi travel industry. Namun demikian market Indonesia memiliki karater yang cukup unik dan berbeda dari negara lain nya.

Tingkat pertumbuhan penerbangan domestik di Indonesia masih cukup tinggi di kisaran 10% per tahun.
Jumlah penumpang domestik di Indonesia (2012)


Jumlah penumpang Internasional di Indonesia (2012)

Marketing penerbangan internasional di Indonesia masih relatif kecil dibandingkan dengan domestik. Data dari INACA menunukkan peningkatan jumlah penumpang pesawat di bulan Jan-Agustus 2014 di kisaran 38.5 juta (6.02%) untuk rute domestik dan 9 juta di rute internasional (4.95%).

Budget atau harga seringkali menjadi penentu utama dari purchase decision. Hal ini ditunjukkan oleh tinggi nya tingkat pertumbuhan LionAir yang menempatkan harga murah sebagai competitive factor utama nya.

Profitability airlines di Indonesia cenderung dipertanyakan karena margin yang terus tertekan oleh kompetisi. Dengan penurunan nilai tukar rupiah di penghujung tahun ini, bisa dipastikan semua airlines di Indonesia merasakan dampak yang signifikan terutama karena kebanyakan operasional cost masih dalam mata uang USD.

Lion Air Group masih mendominasi pangsa penerbangan domestik di Indonesia. Lion Air Group merupakan gabungan dari Lion Airlines, Wings, Malindo, dan Batik Air). Selama periode Jan-Agustus 2014, Lion Air masih mendominasi dengan total penumpang 15.2 juta dimana merupakan 41.6% dari total market share, diikuti oleh Garuda Indonesia dengan total 8.6 juta penumpang, atau 23.5%.

Persaingan di social media juga menjadi salah satu sasaran utama dari perusahaan Airlines untuk meluaskan pasarnya. Data dari brand24, social media monitoring company, menunjukkan social media telah digunakan dengan cukup luas oleh beberapa airlines terkemuka di Indonesia. Saat ini Air Asia memiliki leading position hampir di semua social network, seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn.



Referensi:
  1. http://www.indonesia-investments.com/id/news/news-columns/aviation-industry-indonesia-air-passenger-traffic-growth-is-slowing/item2565
  2. http://www.tnooz.com/article/why-online-travel-in-indonesia-is-different/
  3. http://centreforaviation.com/analysis/indonesia-poised-for-more-rapid-domestic-growth-in-2013-driven-by-low-cost-carriers-101182
  4. http://www.indonesia-investments.com/id/news/news-columns/aviation-industry-indonesia-air-passenger-traffic-growth-is-slowing/item2565

Tidak ada komentar:

Posting Komentar